Senin, 11 Februari 2008

PERENUNGAN 22 TAHUN YANG BERLALU

Pagi yang cerah di 30 januari 2008...
Genap 22 tahun sudah kehidupan menjamahku. Bermilyar oksigen telah kuhirup, berjuta liter galon air telah kuserap, tidak sedikit hasil tetumbuhan dan hewan yang telah mendarah daging. Sudah terlalu banyak bumi dan seluruh kandungannya yang disediakan untuk kesenangan dan kenikmatanku. Akan tetapi masih sedikit sekali terasa atau malahan tidak pernah ada rasa terima kasihku kepada ”mereka” yang senantiasa melayani kebutuhanku atas perintah-Nya.
Genap sudah 22 tahun ruh ku bersemayam di jasad ini. Waktu yang cukup untuk mewujudakan peradaban dunia yang baru. Waktu yang cukup untuk mengubah dunia dan segala isinya. Waktu yang cukup untuk mencipta kehidupan generasi-generasi baru. Waktu yang cukup untuk merealisasikan impian yang tidur panjang di bawah sadarku. Waktu yang cukup untuk menebar cahaya di pekat dan gelapnya awan hitam yang menyelimuti permukaan bumi. Akan tetapi masih sedikit sekali terasa atau malahan tidak ada sama sekali perubahan yang kulakukan dalam kurun waktu yang telah berlalu.
Genap sudah 22 tahun aku melihat, mendengar dan merasakan indahnya ”kreativitas” Tuhan di dunia ini. Sejuknya udara pagi, hangat dan menyengatnya kilauan mentari, luasnya bentangan samudra, biru dan gelapnya gumpalan awan nun jauh di atas sana. Ribuan pujian kudengarkan dan tidak sedikit pula caci makian terlontarkan. Sakit, senang, tertawa dan menangis sedih merupakan suatu siklus pergantian emosi yang sering kualami. Akan tetapi masih sedikit sekali terasa atau malahan tidak pernah hati dan lidah ini rasa syukur yang sudah sepatutnya dipersembahkan kepada sang Maha Pemberi.
Genap sudah 22 tahun sudah. Terima kasih ya Rabb..aku berjanji untuk menjadi manusia yang baru. Menjadi manusia yang selalu mengharapkan untuk dapat selalu dekat dan merasakan cinta-Mu. Memaksimalkan segala potensi yang Engkau beri. Mencurahkan segala daya dan upaya untuk tetap di jalanMu. Ampunilah hambaMu ini yang selalu lalai dan lupa.

Tidak ada komentar: